Kamis, 05 Maret 2015

Kuli Huruf - Job Anti Mainstream dengan Omset Menggiurkan



Halo sahabat AMIKOM YOGKARTA semuanya ! Apa kabar? Kembali lagi bertemu dengan saya di post abal abal ini. Melihat judul postnya mungkin banyak menimbulkan pertanyaan. Sengaja mengambil nama Kuli Huruf agar menarik dan mengundang. Tapi istilah keren Kuli Huruf dapat disebut dengan Typographer atau Font Maker. Mungkin banyak dari kita yang waktu jaman sekolah dasar tidak suka dengan menulis atau mencatat dan bahkan banyak yang diejek teman sekelas karena memiliki karakter penulisan yang sulit dibaca alias amburadul. Namun siapa sangka lewat menulis sebuah huruf A sampai Z beserta angka 0 sampai 9 dan beberapa tanda baca serta beberapa hiasan dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menggiurkan sekarang ini?

Mungkin banyak yang belum tahu kalau sekarang menjadi Typhographer di Indonesia sedang naik daun. Banyak Typhographer handal dari Indonesia yang karyanya sudah terkenal di dunia digital. Tapi mereka hanya membuat Font premium alias berbayar yang memiliki beberapa kelebihan dibanding font gratisan yang sering kita unduh. Dengan menggunakan suatu software yang didesain memang khusus untuk membuat dan mensetting font custom dan ditambah dengan daya imajinasi pembuat tentunya. Bisa lahir sebuah font kelas Premium rasa Internasional. Kebanyak para Typhographer premium menggunakan marketplace yang sangat prospek untuk menjual font berdasarkan traffic buyer dan kualitas market sendiri. Dan marketplace yang sangat populer saat ini adalah Creativemarket.


Sesuai namanya Creativemarket memang suatu marketplace untuk menjual creative product dan hanya orang creative pilihan saja yang dapat menjadi seller di sana dengan beberapa persyaratan standar mereka. Meskipun tidak hanya untuk menjual Font saja, namun pasar yang dominan di sini memang didominasi oleh penjualan Font karena banyaknya font-font keren dari Typographer handal di seluruh dunia. Dan pasar product lainnya bisa dibilang masih kalah bersaing dengan Envato Market ( yang sudah kita bahas di post sebelumnya ) yang memang memiliki lebih banyak keberagaman item yang bisa dibeli. Dengan harga bervariasi sesuai keinginan penjual dan bisa diubah bila penjual ingin memberi diskon untuk promosi. Seorang top Typhographer dapat menghasilkan sekitar 100-200$ per hari. Jadi bila ditarik nilai tengahnya penghasilan perbulannya dapat sampai 5000$ atau sekitar 50juta dengan rate 1 USD : 10.000. Tidak kalah dengan menjadi blogger atau internet marketer. Dan semakin banyak font / typeface berkualitas yang dijual maka penghasilan akan berlipat ganda. Ditambah bila memang sudah mempunyai hobi membuat typography. Maka tidak akan merasakan suatu beban justru kesenangan karena hobinya dapat menjadi tulang punggung finansial keluarga sekaligus.

Ini beberapa contoh font / typeface poster buatan typographer handal dari daerah Bandung , Indonesia yang sudah merupakan top author di Creativemarket. Gilang Purnama - Decade Type Foundry.







Terima kasih telah sudi meluangkan waktunya untuk membaca post saya yang masih banyak kesalahan baik penulisan, ejaan, dan lainnya.
Semoga bermanfaat dan salam mahasiswa STMIK AMIKOM YOGYAKARTA  !!!
Sukses buat kita semua dan mari mulai kuliah mandiri tanpa menggantungkan kiriman bulanan orang tua. ^_^


source : Creativemarket dan pengalaman pribadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar