Rabu, 04 Maret 2015

99designs - Langkah tepat "Memulai" Freelance skala Global di dunia Ekonomi Kreatif




Hi guys ! Selamat datang di blog sekaligus tugas lingkungan bisnis STMIK AMIKOM YOGYAKARTA yang masih belepotan ini.. ^_^

Seperti yang diketahui, saat ini mencari penghasilan mata uang asing ( USD , EURO, GBP ) melalui internet sedang naik daun. Dan cara untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya tersebut memang ada beberapa macam jalan, mulai dari melalui online shop, internet marketing, ekonomi keratif , dan lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang berpenghasilan di dunia ekonomi kreatif melalui internet atau akan kita sebut dengan Digital Ekonomi Kreatif yang akan lebih difokuskan di bidang Design atau Illustration. Meskipun di dunia digital ekonomi kreatif ini juga masih ada beberapa jalan untuk mendapatkan income, mulai dari cara :
  1. Jemput bola atau kita sendiri yang mencari peluang pekerjaan di website penyedia joblist seperti FreelancerElance, Odesk, dll. 
  2. Bisa juga dengan cara memasang portofolio pekerjaan kita di website portofolio seperti Behance , Dribbble, Artstation, dll. 
  3. Dengan metode passive income atau kita membuat karya untuk dijual secara massal di marketplace site seperti Envato Market , Creative Market, dll.
  4. Atau melalui perkontesan global di website seperti 99designs, Crowdspring, DesignCrowd, dll.
  5. Metode lainnya.

Nah seperti judul dari post ini. Kali ini kita akan membahas lebih dalam metode dunia perkontesan khususnya melalui 99designs. Pasti kalian bertanya tanya mengapa Perkontesan dan mengapa harus 99designs?. Sebenarnya saya tidak mengharuskan memilih site 99designs untuk metode dunia kontes design dan saya juga bukan bermaksud promosi site tersebut karena saya juga tidak dibayar untuk mengepost postingan ini. Tapi saya lebih merekomendasikan 99designs daripada site kontes lainnya karena memiliki beberapa kelebihan yang akan saya jelaskan di post ini.

Pertama tama saya akan menjelaskan tentang apa kelebihan mencari income / earning melalui metode perkontesan sebagai startup  dunia freelance. Metode ini sangat direkomendasikan karena melalui kontes kita dapat mulai berlatih berkompetisi untuk memenangkan suatu kontes desain dengan pesaing pesaing hebat dari seluruh penjuru dunia. Mungkin di awal kita akan sering mengalami kekalahan atau sering disebut eliminated / winner chosen. Tapi disinilah mental kita mulai dilatih untuk tetap tabah menerima kekalahan dan belajar dari kekalahan tersebut sehingga karya kita lambat lahun akan mengalami peningkatan kualitas. Jika kita mental kita belum siap, kebanyakan para starter akan menyerah karena tidak kunjung memperoleh kemenangan dan tentu saja Contest Prize pertama yang diidam idamkan. Melalui perkontesan kita juga dilatih untuk dapat berkomunikasi dan memahami keinginan pembuat kontes atau contest holder , tentunya dengan bahasa inggris. Sebagai pelaku atau kontestan di 99designs saya akui kemampuan berbahasa inggris saya sedikit berkembang melalui komunikasi dengan client client di 99designs. Meski di awal awal google translate masih mendominasi, tapi itu semua memang perlu proses. Melalui dunia kontes, bila kita beruntung mendapatkan client yang bagus. Biasanya kita akan mendapatkan private project after contest bahkan kontrak kerja bulanan atau mingguan dengan bayaran yang bisa dikatakan sangat cukup untuk membiayai sendiri kuliah di kampus kebanggakan kita STMIK AMIKOM YOGYAKARTA serta untuk uang sehari hari plus uang shopping dan uang mentraktir teman kuliah makan makan ^_^.  Tapi alangkah baiknya kita harus tetap bijak dalam menjajakan gaji kita untuk hal yang sekiranya memang perlu dijajakan. Dan keuntungan dunia perkontesan lainnya yang akan kalian rasakan sendiri bila telah terjun ke dunia tersebut.

Sekarang saya akan memberikan beberapa kelebihan contest site 99designs, yaitu:

  1. Fresh kontes yang cukup banyak bahkan mungkin terbanyak per harinya di beberapa kategori kontes ( Logo , Website, Illustration , Label , dll ) sekaligus dibanding site lain.
  2. Pendaftaran sebagai desainer yang sangat mudah tanpa review portofolio dan sebagainya.
  3. Desainer dari Indonesia dengan jumlah terbanyak. Jadi kita lebih mudah mencari koneksi seperjuangan di site ini.
  4. Ada staff 99designs yang dari Indonesia. Ini sangat membantu bila disaat kita mengalami masalah di dalam kontest atau dengan client dan ingin bertanya kepada staff atau customer support dengan bahasa Indonesia.
  5. Komunitas lokal 99designs yang cukup banyak,
  6. Sering diadakan meetup regional bahkan nasional sesama designer 99designs Indonesia, yang akan memperbanyak koneksi kita. Dan mendapatkan ilmu baru.
  7. Lain lain.
Di samping beberapa kelebihan di atas, tentu setiap hal memiliki suatu kekurangan pula. Begitupun dengan dengan dunia perkontesan di 99designs. Dengan bebas dan mudahnya sign up / register menjadi new designer tanpa review portofolio terlebih dahulu. Beberapa oknum yang menghalalkan segala cara untuk mencari sebuah kemenangan kontes banyak melakukan hal yang tidak semesthinya dilakukan. Yaitu menjiplak ide atau concept pesaing yang sudah ada dengan memberi sedikit sentuhan tambahan agar nampak sedikit berbeda.  Meski sudah ada fasilitas report design, tetap saja banyak designer penjiplak yang masih lolos. Juga kelemahan di mana 99designs terlalu mendewakan pembuat contest sebagai pihak yang membayar dan menomorduakan designer. Jadi sering menimbulkan kontes yang dibuka tutup berkali kali, kontes yang diheld atau locked yang artinya usaha designer tidak akan mendapatkan apa apa. Dan beberapa kelemahan lainnya.

Maka dari itu dijudul post ini kata MEMULAI saya beri tanda petik karena saya ingin menekankan bahwa metode kontes memang baik untuk memulai atau startup mencari income sambil kuliah khususnya. Tapi kurang bisa dijadikan mata pencaharian tetap atau utama sampai tua kelak. Karena suatu saat kita tidak sanggup lagi membuat suatu karya dan karena kita bukan pegawai negeri kita tidak bisa mendapatkan uang pensiunan. Oleh karena itu di post berikutnya kita akan mendalami metode lain yang bisa dibilang lebih menjanjikan untuk jangka panjang bahkan bisa menjadi layaknya uang pensiunan saat tua kelak.

Terima kasih telah sudi meluangkan waktunya untuk membaca post saya yang masih banyak kesalahan baik penulisan, ejaan, dan lainnya.
Semoga bermanfaat dan salam mahasiswa STMIK AMIKOM YOGYAKARTA  !!!
Sukses buat kita semua dan mari mulai kuliah mandiri tanpa menggantungkan kiriman bulanan orang tua. ^_^


source : 99designs dan pengalaman pribadi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar