Kamis, 05 Maret 2015

Job yang akan Mengejar Kita dengan membangun Portofolio




Ketemu lagi dengan saya di post sekaligus tugas lingkungan bisnis STMIK AMIKOM YOGYAKARTA ini ! Semoga masih dilimpahkan kesehatan. Kali ini kita akan membahas tentang pentingnya memiliki Portofolio Online di era digital seperti ini. Pasti diantara kita memiliki suatu hobi tersendiri seperti photography, typography, graphic design, web design, dan lainnya. Ada yang memang sudah mendapatkan hasil dari hobby tersebut atau memang suatu pekerjaan sampingan pula dan ada yang mungkin hanya iseng iseng atau sebagai tugas kuliah. Namun apa yang biasanya kita lakukan kepada hasil karya kita tersebut? Mayoritas dari kita mungkin hanya menyimpannya di dalam harddisk atau tidak ambil pusing dengan itu.

Metode seperti itu seharusnya mulai diubah mulai dari sekarang, sekarang saatnya kita membangun portofolio kita sendiri di site yang memang ditujukan sebagai portofolio site atau bahkan menggunakan media sosial kita yang biasanya hanya digunakan untuk memajang foto selfie.

Lalu kenapa kita harus memulai membuat portofolio? Apa kegunaannya? Jawabannya adalah sangat berguna. Karena dengan membangun portofolio online skala global. Kita bagaikan mengaktifkan Bom Waktu, yang sewaktu waktu bisa meledak.Tentu itu hanyalah sebuah ungkapan belaka. Maksudnya di sini adalah, dengan membangun portofolio kita dengan rapi dan menarik layoutingnya, maka client / job akan datang sendiri pada kita tanpa diduga. Bahkan bila beruntung kita bisa mendapatkan kontrak kerja jangka panjang dengan perusahaan luar negeri secara freelance dari rumah tanpa harus datang sebagai karyawan di sana. Sudah banyak kasus seperti ini sekarang. Karena sekarang banyak Designer, Illustrator,dll yang populer lewat portofolio online mereka dan tentu telah memiliki job order yang banyak sekarang. Jadi bukan jamannya lagi kita keliling sana sini daftar pekerjaan dengan upah yang pas pasan. Tapi justru pekerjaan yang akan mencari kita dengan upah mata uang asing.

Bebera adalah contoh website portofolio yang paling populer dan banyak digunakan. Yaitu, Behance dan Dribbble. Meski banyak web lainnya tapi dua web ini adalah portofolio site paling banyak digunakan. Semakin banyak player yang ada di situ semakin banyak para pencari talent wara wiri di situ pula.
Behance adalah portofolio site milik Adobe. Mendengar nama Adobe pasti sebagai mahasiwa STMIK AMIKOM kita sudah tidak asing dengan perusahaan pemilik Photoshop ini. Jadi sudah jelas web portofolio milik perusahaan sebesar adobe ini tidak udah diragukan lagi kredibilitasnya. Dan mendaftar sebagai player di sini gratis dan tanpa review atau test dll.

Sesuai namanya, Dribbble adalah portofolio site yang berlogo bola basket tetapi berwarna pink. Hampir sama dengan Behance, namun bila ingin menjadi player atau submiter karya perlu memiliki invitation dari dribbble sendiri atau player dribbble yang memiliki invitation lebih.

Selain dua portofolio website di atas, kita juga dapat menggunakan media sosial seperti Instagram untuk membangun portofolio kita. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di post kali ini. Terima kasih telah sudi meluangkan waktunya untuk membaca post saya yang masih banyak kesalahan baik penulisan, ejaan, dan lainnya.
Semoga bermanfaat dan salam mahasiswa STMIK AMIKOM YOGYAKARTA  !!!
Sukses buat kita semua dan mari mulai kuliah mandiri tanpa menggantungkan kiriman bulanan orang tua. ^_^


source : BehanceDribbbleInstagram dan pengalaman pribadi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar