Jumat, 06 Maret 2015

Karya Ilmiah Peluang Bisnis

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“BISNIS ITEM DESIGN DI ONLINE MARKETPLACE”




Oleh:

Nama          :        Amir Subqi Setiaji
NIM            :        14.12.8229
Kelas           :        14 S1SI 08
Jurusan      :        S1-Sistem Informasi

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Abstrak
Di era digital seperti sekarang ini berbisnis pun dapat dilakukan secara abstrak atau tanpa memiliki toko di pinggir jalan yang kasat mata bahkan barang yang dijualnya pun bukan benda kasat mata atau benda yang berbentuk. Salah satunya adalah bisnis memperjualkan suatu karya atau creative products yang akan saya fokuskan di bidang dunia Design atau Illustration. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi seiring berjalannya waktu, bisnis ini juga banyak dilirik para pelaku economy creative. Ada banyak keuntungan jika melakukan bisnis secara digital ini dibanding bisnis konvensional pada umumnya. Apalagi bagi anak muda yang masih berstatus mahasiswa. Karena dengan melakukan bisnis di bidang economy creative secara digital ini modal yang diperlukan dapat dibuat seminimalis mungkin tetapi dengan tujuan keuntungan semaksimal mungkin. Karena tidak perlu menyewa ruko di pinggir jalan yang strategis, tidak perlu takut out of stock item, dan lain lain. Semua kembali lagi kepada sampai sejauh mana daya kreatifitas kita membuat suatu item design yang layak jual dan dibutuhkan banyak orang. Hanya dengan bermodal laptop atau PC yang memang sudah dibelikan oleh orang tua untuk keperluan kuliah tapi sekaligus mampu mendapatkan hasil yang sangat menggiurkan karena pasar yang dituju adalah pasar global dengan mata uang US Dollar. Bila masih menggunakan software bajakan kita dapat menggunakan software open source atau bertahan menggunakan software bajakan tersebut lalu membeli software aslinya bila omset yang didapatkan sudah mampu untuk membeli licensinya. Jadi akan saya jelaskan bagaimana strategi yang akan saya lakukan untuk memulai bisnis ini karena saya memang sudah mulai belajar melakukan bisnis ini sebelum menjadi mahasiswa di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA ini.

                                  
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------


ISI
Setelah sedikit saya jelaskan tentang potensi peluang bisnis digital design item di online marketplace ini di halaman sebelumnya. Sekarang saatnya membahas bagaimana memulai bisnis ini. Di mana tempatnya, berapa omsetnya, dan lainnya. Berikut adalah point point yang perlu dilakukan untuk memulai usaha keren ini :

ü Siapkan peralatan dan pikiran
Pertama tama kita hanya perlu menyiapkan sarana yang diperlukan seperti Laptop atau PC beserta Software yang diperlukan pula, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw Graphic Suite, Inkscape dll. Dan yang paling berperan penting adalah otak kita yang siap melakukan brain storming untuk menciptkan suatu mahakarya.
ü Tentukan jenis design apa yang ingin dibuat dan dijual
Setelah semua siap yang diperlukan selanjutnya adalah memilih jenis Design apa yang akan kita buat untuk dijual. Karena kata Design sendiri masih sangat luas dan memiliki cabang cabang spesifik seperti Logo Design, T-Shirt Design, Web Design, Stationery Design, dan masih banyak lagi. Tentunya semakin banyak yang kita kuasai dan semakin banyak item yang ready to buy maka semakin banyak pula income / earning yang kita bisa dapatkan.
ü Pilih online marketplace yang memiliki traffic tinggi
Bila sudah menentukan jenis design apa saja yang mampu kita buat, saatnya kita mengunggah dan mendisplay barang dagangan kita. Namun di mana sebaiknya kita mengunggah item yang telah kita buat? Kita harus jeli memilih marketplace yang telah meiliki traffic tinggi karena itu sangat berdampak dengan jumlah item yang mampu kita jual atau laku. Juga karena biasanya barang yang telah dijual di suatu marketplace tidak dapat dijual dimarketplace lain karena masalah lisensi. Meskipun sebenarnya kita dapat membuat web pribadi kita sendiri dan menjual produk kita di sana, tapi saat ini kita berorientasi bahwa sedang dalam masa startup yang masih sangat membutuhkan third-party market.


Berikut contoh marketplace yang cukup populer dikalangan digital designer :

Dari kiri ke kanan ada http://99designs.com/logo-design/store yaitu market place yang special untuk menjual Logo Design secara Unexclusive ( bisa dibeli berkali kali ) dengan harga 99$ sekali beli maupun secara Exclusive ( sekali beli dengan harga dan licensi berbeda ). Lalu ada http://www.brandcrowd.com yaitu sesuai namanya “brand” adalah market place untuk menjual logo Exclusive saja dengan harga yang bervariasi dari 300an dollar sampai ribuan dollar per logo. Lalu ada http://graphicriver.net/ salah satu anak cabang dari envato marketplace yang dikhususkan dibidang Graphic Design. Di marketplace ini banyak variasi atau kategori design yang bisa dijual , tidak hanya logo atau branding tapi hampir semua kategori graphic design yang dibutuhkan pasar ada di sini. Dengan harga yang bisa dibilang paling murah daripada marketplace lainnya namun bisa dibilang traffic market di Graphicriver adalah yang terbesar. Jadi jumlah penjualan secara berkali kali di suatu item yang sama sangat tinggi. Sebenarnya ada beberapa market lainnya yang cukup populer di kalangan graphic designer. Rekan rekan bisa searching sendiri, lagi pula bila kita sudah mampu menguasai satu marketplace bonafit dengan konsisten saja. Itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi topangan hidup rekan rekan sekalian.

ü Tunggu hasilnya
Setelah kita mengunggah suatu item design di suatu marketplace biasanya akan melalui proses review quailty dulu sebelum dipublish ke depan umum. Setiap marketplace punya standard quality dan quality control yang berbeda. Bila mengalami penolakan item di awal langkah itu adalah hal yang biasa. Karena tidak ada bisnis yang lancar jaya tanpa suatu halangan. Proses dan jam terbang akan merubah itu semua. Bila soal income atau earning yang dapat diperoleh. Itu semua tergantung dengan usaha kita, kualitas item kita, banyaknya item kita, banyaknya marketplace yang diikuti, dan tentunya dengan bantuan doa. Tapi para author item yang sudah cukup berpengalaman di suatu marketplace biasanya mampu mendapatkan hasil dari 1000$ sampai 10000$ bahkan lebih per bulannya. Bila exchange rate US Dollar ke Indonesian Rupiah saat ini sekitar 12ribuan per 1 dollarnya silahkan hitung sendiri berapa hasil yang didapat bila dikali dengan jumlah tersebut.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di karya ilmiah peluang bisnis ini. Semoga bermanfaat bagi rekan rekan yang membacanya. Terima kasih atas perhatiannya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

REFERENSI
·         Pengalaman pribadi
·         http://www.brandcrowd.com
·         http://graphicriver.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar